Rancang Bangun Goniometer Elektronik Sebagai Alat Latihan Range of Motion Pada Pasien Diabetes

Syahruddin Syahruddin(1*), Rika Wahyuni Arsianti(2)

(1) Universitas Borneo Tarakan
(2) Universitas Borneo Tarakan
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu cara untuk merehabilitasi pasien penderita Diabetes Mellitus (DM) adalah dengan melakukan latihan gerakan senam range of motion (ROM). Goniometer digunakan sebagai alat bantu untuk menghitung sudut capaian gerakan pasien yang melaksanakan latihan ROM. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatu alat goniometer elektronik yang mampu menghitung sudut capaian gerakan pasien saat melaksanakan latihan ROM. Penelitian ini akan membandingkan hasil pengukuran dari goniometer dan hasil pengukuran dari alat goniometer elektronik yang dirancang yang menggunakan sensor Gyroscope MPU 6050 sebagai pengukur sudutnya. Data hasil pengukuran pada alat yang dirancang dikirim menggunakan modul Bluetooth HC-05 dan kemudian akan ditampilkan pada android. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat dirancang dan dibangun sebuah alat goniometer elektronik yang dapat mengukur sudut capaian ekstensi kaki pada latihan range of motion (ROM) tanpa perlu mengukur secara manual dengan menggunakan penggaris goniometer dengan keakuratan yang cukup baik dengan nilai eror alat keseluruhan adalah 2,5 %.


Keywords


Range of motion; Bluetooth HC-05; Sensor Gyroscope MPU 6050

Article metrics

Abstract views : 4 | views : 0

Full Text:

PDF

References


American Diabetes Association. Diagnosis and classification of diabetes mellitus. Diabetes care, 34 Suppl 1(Suppl 1), 2011: S62–S69.

Widyawati, I.Y., Irawaty, D., dan Sabri, L. Latihan Active Lower Range Of Motion Menurunkan Tanda Dan Gejala Neuropati Diabetikum. Jurnal Ners. 2010; 5(2): 107-117.

Lukita, Y.I. Pengaruh Range of Motion (ROM) Aktif Kaki Terrhadap RisikoTerjadinya Ulkus Kaki Diabetik Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Desa Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Jember dan Universitas Negeri Jember; 2016.

International Diabetes Federation. IDF Diabetes Atlas. Sixth Edition. 2013.

Potter, P.A., & Perry, A.G. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik”. Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 2006.

Smeltzer, S.C., & Bare, B.G. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: EGC, 2002.




DOI: https://doi.org/10.35314/ise.v2i3.1516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INOVTEK - Seri Elektro

View My Stats