Pengembangan Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Belajar Rangkaian Listrik AC

Siti Zumaroh(1*), A. Aripriharta(2), Slamet Wibawanto(3)

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurang optimalnya komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik diantaranya disebabkan oleh kurang menariknya bahan ajar yang tersedia dan kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan bahan ajar.  Komik dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif untuk menarik minat belajar siswa. Komik merupakan media yang dapat digunakan untuk menyajikan materi berupa gambar dan teks. Belajar dengan menggunakan komik yang terdiri dari gambar dan teks mampu menarik minat belajar peserta didik, sehingga peserta didik mampu memahami dan mengingat materi yang disampaikan. Komponen visual yang disajikan pada komik akan membantu siswa dalam menyerap informasi. Melalui stimulus visual, otak akan lebih mudah mengingat hal yang pernah dilihat daripada hanya sekedar mendengarkan informasi. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar berupa komik pada materi rangkaian listrik ac. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan dari Lee dan Owens. Terdapat lima langkah pada model pengembangan Lee dan Owens yaitu: (1) penilaian kebutuhan dan analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) impleentasi, (5) evaluasi. Hasil validasi dari validator adalah 91,67%, hasil uji coba kelompok kecil diterapkan pada 15 siswa, komik mendapat validitas 85,50%,  hasil dari ujicoba pemakaian lapangan diterapkan pada 75 siswa, mendapat validitas 87,28%, dan hasil perolehan nilai belajar siswa menunjukkan baik dengan perolehan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 73,33.

Keywords


Pengembangan;Bahan Ajar;Komik;Rangkaian Listrik AC.

Article metrics

Abstract views : 292 | views : 30

Full Text:

PDF

References


Abadi, M.K., Pujiastuti, H. 2015. Development of Theaching Materials based Interactive Scientific Approach Towards the Concept of Social Arithmetic For Junior High School Student. IOP Conf. Series: Journal of Physics.

Dwi, Pramudya A. P. 2014. Implementation of Digital Comic to Improve Creative Thinking Ability in Intregrated Science Study. International Conference on Mathematik, Science, and Education.

Hughes-hassell, Sandra. Rodge, Pradnya. 2007. The Leisure Reading Haits of Uran Adolescents. Journal of Adolescent & Adult Literacy. International Reading Association.

Krishnan, Shamini and Othman, Kamisah. 2016. The Efectivenes of Using Comic to Increase Pupils Achievements and Higher Order Thinking Skill in Science. International Journal of English and Education.

Lazarinis, Fotis. 2015. E-Comics in Teaching: Evaluating and Using Comic Strip Creator Tools for Educational Purposes. The 10th International Conference on Computer Science & Education.

Lee & Owens. 2004. Multimedia-Based Intructional Design. An Imprint of Wiley. 989 Market Street,San Francisco,CA 94103-1741.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013

Puspitorini Retno, Prodjosantoro, dkk. 2017. Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Yogyakarta : UNY

Syamsuri, B.S., Anwar, and Sumarna, O. 2011. Development of Teaching Material Oxidation-Reduction Reaction Through Four Steps Teaching Material Development (4S TMD). IOP Conf. Series: Journal of Physics.

Tuncel, Gul and Ayva, Ozge. 2010. The Utilization of Comics in the Teaching of the Human Rights Concept. Procedia Sosial and Behavioral 2 (2010) 1447-1551.




DOI: https://doi.org/10.35314/ise.v2i1.1273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INOVTEK - Seri Elektro

View My Stats