Evaluasi Kelayakan Instalasi Listrik Gedung B Politeknik Negeri Bengkalis

Stephan Asril(1), Marzuarman Marzuarman(2*)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kelayakan pada Instalasi Gedung B Politeknik Negeri Bengkalis.  Penelitian ini adalah penelitian evaluativ dengan Obyek dalam penelitian ini adalah Instalasi yang akan digunakan oleh jenis Mesin Perkakas mulai dari Panel Utama hingga pada titik akhir beban terpasangnya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan yang berdasarkan PUIL 2000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan instalasi listrik gedung B mulai dari supply utama (MDP) hingga sampai kesisi beban dalam hal ini adalah mesin perkakas adalah tidak layak dan tidak aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

Keywords


Instalasi, Kelayakan, PUIL

Article metrics

Abstract views : 5 | views : 1

Full Text:

PDF

References


Muhammad Hasan Ali, “Studi Kelayakan Instalasi Penerangan Rumah di Atas Umur 15 Tahun Terhadap PUIL 200 di Desa Pancur Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang”. Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang (2013). Jurnal Teknik Elektro Vol 5 No 1. JAnuari – Juni 2013.

Sintia Tumewu, “Evaluasi Kebutuhan Beban Listrik Terpasang Pada Kampus Politeknik Negeri Manado”. Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado (2015).

Arum Wulandari, “Evaluasi Kelayakan Sarana dan Prasarana Ruang Praktek pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Yogyakarta”. Program Syudi Pendidikan Teknik ELektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (2013).

I Made Werdhi Guna, “Perancangan Ulang Instalasi Listrik dengan Memperhitungkan Faktor Demand dan Drop Tegangan di Villa Chez Bali Kerobokan, Kuta”. Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Udayana Jimbaran – Bali (2012).

Persyaratan Instalasi Listrik Indonesia (PUIL) 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INOVTEK - Seri Elektro

View My Stats