Penggunaan Console Kamera Kinect Pada Gerakan Tangan Untuk Mengontrol Visualisasi Objek Gambar

Awang Pradana(1*), Agung Prasetya(2)

(1) Universitas Borneo Tarakan
(2) Universitas Borneo Tarakan
(*) Corresponding Author

Abstract


Interaksi manusia dan komputer (IMK) adalah sesuatu yang mempelajari hubungan antara sistem komputer dan manusia, bagaimana membuat suatu perancangan, evaluasi pada sistem komputer yang interaktif. Ada banyak penelitian di bidang IMK yang berhubungan dengan metode interaksi yang lebih memudahkan dan membuat nyaman user yang memakainya. Natural human computer interaction (NHCI) merupakan salah satu bagian dari IMK yang berfokus pada pengembangan sebuah metode interaksi yang alami. Terdapat beberapa kategori teknologi pada NHCI seperti kinetic interface, speech recognition, dan multitouch. Kategori kinetic interface memanfaatkan gerakan tubuh manusia untuk berinteraksi dengan perangkat komputasi seperti gerakan pada tangan, kaki, kepala dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan sensor dari kamera kinect yang merupakan game konsol xbox, penelitian ini memfokuskan untuk mengembangkan antar muka manusia-komputer yang alami dengan memanfaatkan salah satu gerakan anggota tubuh yaitu pada gerakan tangan. Gerakan tangan tersebut nantinya akan menjadi kontrol yang digunakan untuk menggerakan sebuah objek dari gambar. Proses akuisisi data yang didapatkan dari sensor kinect dengan memanfaatkan fitur dari depth sensor. Skenario pengujian pada penelitian ini yaitu menentukan akurasi jarak yang paling optimal dari pengenalan jenis kontrol dengan menggunakan 2 user yang berbeda(user a dan user b). Dari hasil ujicoba tersebut diambil nilai rata-rata akurasi untuk jarak yang paling optimal yaitu jarak 1.5 meter dengan nilai akurasi 97%. Kemudian untuk kondisi latar belakang yang paling baik untuk melakukan skenario ini yaitu pada latar belakang tidak kompleks dengan hasil akurasi 96%.


Article metrics

Abstract views : 79 | views : 10

Full Text:

PDF

References


ENOM INC, “Realitas Maya,” 2014. [Online]. Available: https://realitasmaya.com/apa-itu-virtual-reality/.

A. B. C. William R. Sherman, Understanding Virtual Reality. 2002.

BBC, “Kinect gets UK release date,” Newsbeat technology reporter, 2010. [Online]. Available: http://www.bbc.co.uk/newsbeat/article/10996389/kinect-gets-uk-release-date.

H. Gestures, “Natural Interface to Improve Human-Computer Interaction for People with Upper Limb Disabilities,” 2014.

Y. Wang, C. Yang, X. Wu, S. Xu, and H. Li, “Kinect Based Dynamic Hand Gesture Recognition Algorithm Research,” 2012 4th Int. Conf. Intell. Human-Machine Syst. Cybern., pp. 274–279, Aug. 2012.

M. Park, M. Hasan, J. Kim, and O. Chae, “Hand Detection and Tracking Using Depth and Color Information,” 2012.

X. Chang, Z. Ma, M. Lin, Y. Yang, and A. G. Hauptmann, “Feature Interaction Augmented Sparse Learning for Fast Kinect Motion Detection,” IEEE Trans. Image Process., vol. 26, no. 8, pp. 3911–3920, 2017.

J. Han, L. Shao, Do. Xu, and J. Shotton, “Enchanced Computer Vision with Microsoft Kinect Sensor: A Riview,” ieee Trans. Cybern., vol. 43, no. 5, pp. 1318–1334, 2013.

J. Shotton, F. Andrew, and M. Cook, “Real-Time Human Pose Recognition in Parts from Single Depth Images Jamie,” in Microsoft Research Cambridge & Xbox Incubation, 2011.

A. Barmpoutis, “Create Avatars using Kinect in Real-time,” 2013.




DOI: https://doi.org/10.35314/ise.v1i1.1046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 INOVTEK - Seri Elektro

View My Stats