Rancang Bangun Alat Pengupas Kulit Singkong Dengan Prinsip Mesin Bubut

Hesty Fanila(1*), Marhadi Sastra(2)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Singkong merupakan salah satu potensi lokal Indonesia melimpah dan belum termanfaatkan secara optimal. Singkong dapat diolah menjadi berbagai bahan pangan, salah satu panganan yang praktis dari hasil olahan singkong adalah keripik. Kendala yang sering dirasakan produsen keripik adalah proses pengupasan yang biasanya dilakukan secara manual yang membutuhkan waktu yang lama.  Untuk mendukung proses produksi keripik, dibutuhkan tenaga kerja yang banyak. Metode pengupasan manual dilakukan dengan cara menyayat kulit singkong secara memanjang kemudian mencongkel kulit secara memutar. Pada kondisi ini, pekerja pada kondisi yang tidak aman karena memungkinkan tersayatnya tangan pekerja oleh pisau. Berdasarkan kondisi dan situasi tersebut mendorong penciptaan teknologi pengupasan singkong yang efisien dan aman berupa alat pengupas singkong berpenggerak motor listrik dengan menggunakan prinsip dasar mesin bubut.


Keywords


Alat Pengupas, Kulit Singkong, Mesin Bubut

Article metrics

Abstract views : 80 | views : 21

Full Text:

PDF

References


Amin, S. (1989). Dasar-dasar Perkakas dan Mesin Perkakas. Jakarta: CV. Rajawali.

Chaniago, A. S. (2015). Rancang Bangun Prototipe Alat Pengupas Kulit Singkong Berpenggerak Motor Listrik. Semarang: Universitas Diponegoro.

Dewangga, S. F., Nugraha, P., & Dantes, K. R. (2017). Pengaruh Variasi Kecepatan Putaran Mesin Bubut Terhadap Keausan pada Alat Potong Pahat HSS Tipe Bohler MO 1/2X4. Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Vol:7 No:1, 1-10.

Hamdhani, F., & Hamsi, A. (2014). Optimasi Pemesinan Pada Mesin Bubut Tipe M-300 Horrison dengan Metode Optimasi Algoritma Genetika. Jurnal e-Dinamis, Vol:8, No:4, 1-10.

Kurniawan, F. (2008). Study Tentang Cutting Force Mesin Bubut (Desain Dynamometer Sederhana). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nawawi, I. R. (-). Perencanaan dan Pembuatan Mesin Bubut Kayu dalam Mempercepat Proses Produksi. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Permana, F. Y., & Rameli, M. (2012). Pengaturan Kecepatan Spindle pada Retrofit Mesin Bubut CNC Menggunakan Kontroler PI Gain Scheduling. Jurnal Teknik Pomits Vol.1 No.1, 1-5.

Rahdiyanta, D. (2010). Proses Bubut (Turning). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Statistik, B. P. (2013). Data Sensus Produksi Ubi Kayu Menurut Provinsi (Ton). Indonesia: BPS.

Syamsudin, R. (2000). Teknik Bubut. Jakarta: Puspa Swara.




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v8i2.767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License