OPTIMALISASI PENCAHAYAAN RUANGAN GEDUNG PERKANTORAN MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY DI PT PERTAMINA (PERSERO) RU II PRODUCTION SEI PAKNING

elvira elvira zondra(1*)

(1) Universitas Lancang Kuning Pekanbaru
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem pencahayaan ruangan gedung perkantoran PT Pertamina (Persero) RU II Production Sei Pakning pada kondisi eksisting masih belum optimal, karena tingkat pencahayaan ruangan masih dibawah batas nilai rekomendasi yang akan berdampak buruk pada kinerja, kesehatan dan keselamatan pekerja. Pengukuran dan perhitungan kondisi eksisting pada Ruang Kerja (Ruang Purchasing, Ruang Contract Office, dan Ruang Inventory Control) untuk tingkat pencahayaan sebesar 260 lux (lumen/m2 dengan tingkat optimalisasi pencahayaan 26,99%. Sedangkan pengukuran dan perhitungan kondisi eksisting pada Ruang Rapat dan Ruang Arsip/Gudang untuk tingkat pencahayaan sebesar 210 lux (lumen/m2) dengan tingkat optimalisasi pencahayaan 25,96%.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat optimalisasi sistem pencahayaan ruangan kondisi eksisting dan melakukan upaya perbaikan untuk menuju sistem pencahayaan ruangan kondisi ideal. Upaya untuk menuju kondisi ideal tersebut adalah dengan melakukan pengukuran, perhitungan dan analisa terhadap tingkat pencahayaan, daya lampu total, biaya investasi dan biaya pemakaian listrik.

Hasil dari penelitian ini adalah mengoptimalkan sistem pencahayaan ruangan, yaitu menuju sistem pencahayaan ruangan kondisi ideal. Kondisi ideal pada Ruang Kerja untuk tingkat pencahayaan sebesar 350 lux (lumen/m2) dengan tingkat optimalisasi pencahayaan 66,46%. Sedangkan kondisi ideal pada Ruang Rapat dan Ruang Arsip/Gudang  sebesar 300 lux (lumen/m2) dengan tingkat optimalisasi pencahayaan 65,67%.


Keywords


Pencahayaan, Fuzzy logic

Article metrics

Abstract views : 19 | views : 8

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v8i2.756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License