KAJIAN PENAMBAHAN BILGE KEEL TERHADAP GERAK OLENG KAPAL KONTAINER TIPE SMALL FEEDER

Ahmad Syafiul M(1*)

(1) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi
(*) Corresponding Author

Abstract


Tol laut merupakan salah satu dari kebijakan Pemerintah Indonesia yang berorientasi pada kemandirian dan kedaulatan di sektor maritim sehingga dibutuhkan armada kapal yang memadai. Satu armada kapal yang dibutuhkan adalah Kapal Kontainer. Kapal Kontainer dalam studi ini merupakan tipe pengumpan dengan katagori kapasitas kelas small feeder dengan panjang (Lpp) = 74 m, Lebar (B)= 17 m, dan Sarat (T) = 3 m. Jalur pelayaran yang direncanakan akan melewati wilayah perairan dengan gelombang tinggi pada 6 Skala Beaufort, sehingga apabila gelombang datang dari arah samping (beamsea) maka dikhawatirkan kapal akan mengalami oleng cukup besar yang dapat berdampak pada keselamatan kapal. Perencanaan penambahan penggunaan bilge keel (lunas bilga) pada Kapal Kontainer diharapkan bisa menjadi roll damping system yang cukup efektif untuk mengurangi sudut oleng (roll) kapal. Dengan menggunakan simulasi numerik menggunakan metode panel yang divalidasi dengan hasil pengujian, maka diperoleh hasil pengurangan gerak oleng (roll) pada Kapal Kontainer sebesar 20% untuk kondisi 6 Skala Beaufort.

Article metrics

Abstract views : 20 | views : 6

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v8i2.709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License