Variasi Model Pembebanan Memberikan Pengaruh Signifikan terhadap Stabilitas Kapal Ikan GT

Benedicta Dian Alfanda(1*)

(1) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebanyak 31% dari total kecelakaan kapal yang terjadi sepanjang tahun 2018 sampai 2020 didominasi dan dialami oleh kapal penangkap ikan. Kecelakaan tersebut diakibatkan oleh buruknya stabilitas dan kemampuan kapal untuk menghadapi cuaca. Stabilitas merupakan salah satu aspek penting dalam keselamatan dan kelaik lautan dari suatu kapal. Maka dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi stabilitas kapal ikan tradisional, khususnya kapal ikan tradisional Madura. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa stabilitas kapal di tiap kondisi pembebanan sudah memenuhi kriteria rules BKI (VOL 1) Domestic Ship sec 2.K. Part 4.1 dan ketentuan kriteria cuaca Guidelines on Intact Stability (Pt.6, Vol.3) Sec.2.C. yaitu, minimum nilai GM = 0,35 m, angle of steady heel tidak boleh lebih dari 16 deg, angle of steady heel / deck edge immersion tidak boleh lebih dari 80%, area1 / area2 tidak boleh kurang dari 100%


Keywords


Kapal ikan tradisional, stabilitas, keselamatan

Article metrics

Abstract views : 98 | views : 10

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v13i1.3291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License