Profile sketch and Profile nesting on Block B10 of a 108 Meters Tanker Ship Using Aveva Marine Software

Nidia Yuniarsih(1*), Guruh Maulana Suhendi(2), Mufti Fathonah Muvariz(3), Nurul Laili Arifin(4), Fedia Restu(5)

(1) Politeknik Negeri Batam
(2) Politeknik Negeri Batam
(3) Politeknik Negeri Batam
(4) Politeknik Negeri Batam
(5) Politeknik Negeri Batam
(*) Corresponding Author

Abstract


Profile sketch dan profile nesting merupakan solusi yang ditawarkan sebagai referensi dari proses pemotongan dan pemasangan profil.  Profile sketch dan profile nesting  juga digunakan untuk mengetahui detail dari profil yang akan diproduksi, baik jumlah profil, posisi penempatan profil, hingga jumlah pelat yang dibutuhkan untuk proses pemotongan..  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan  profile sketch dan profile nesting dan jumlah keseluruhan profil dari Blok B10 kapal Tanker. Dari hasil pembuatan profile sketch dan profile nesting, didapatkan jumlah profil sebanyak 369 buah. Dengan jumlah profil FB 47 buah dan profil HP 322 buah. Dari jumlah ini dapat diestimasikan jumlah profil yang kemudian digunakan dalam pembelian pelat oleh pihak industri.


Keywords


profile sketch; profile nesting; pelat sisa; WCOG; profil kapal; estimasi

Article metrics

Abstract views : 148 | views : 10

Full Text:

PDF

References


Djaya, Indra Kusna. "Teknik Konstruksi Kapal Baja". Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Sanjaya, Dedi Dwi. "nalisa Kekuatan Konstruksi Wing Tank Kapal Tanker Menggunakan Metode Elemen Hingga." PhD diss., Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

Sutanto, K. R. "Studi Kasus Waste Material Proses Fabrikasi Struktur Baja di Perusahaan EPC." Jurnal Teoretis dan Terapan Bidang Rekayasa 25, no. 1 (2018).

Ala, Nurun. "Analisa Pembuatan Profil L dan T Untuk Konstruksi Kapal Baja Dengan Menghindarkan Proses Bending dan Rolling Untuk Pembangunan Kapal Baja Pada Lahan Non Galangan". Depok: Jurnal Fakultas Teknik Program Sarjana Teknik Perkapalan, 2012.

Lam, T. F., W. S. Sze, and S. T. Tan. "Nesting of complex sheet metal parts." Computer-Aided Design and Applications 4, no. 1-4 (2007): 169-179..

Faridy, Miftah. "Analisis Simulasi Konsep Pembangunan Kapal Multi Galangan pada PT DKB Untuk Pembangunan Kapal Tanker 6300 DWT". Depok: Jurnal Fakultas Teknik Program Studi Teknik Perkapalan, 2010.




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v12i1.2470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License