KOMBINASI METODE VAVE (VALUE ANALYSIS VALUE ENGINEERING) DAN TRIZ: STUDI KASUS PADA PERANCANGAN SHOCK ABSORBER

Niswatun Faria(1*)

(1) Universitas Internasional Semen Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tantangan yang dihadapi oleh seorang perancang dalam proses pengembangan produk diantaranya adalah ekspektasi konsumen, kompetisi global, inovasi teknologi, dan kondisi sosial dan ekonomi. Perusahaan dituntut untuk meningkatkan daya saing produk yang dimiliki sebelum produk tersebut diperkenalkan pada pasar untuk bersaing dengan produk-produk yang sudah ada. Daya saing suatu produk dapat dicapai dengan meningkatkan nilai (value) produk dan menekan biaya yang diperlukan. Kreativitas seorang perancang dibutuhkan untuk menghasilakan sebuah produk yang berkualitas dan murah.  Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu alat dalam metode TRIZ dikombinasikan dengan metode Value Analysis Value Engineering (VAVE). VAVE digunakan untuk menentukan komponen yang akan dilakukan pengurangan biaya. Selanjutnya, TRIZ digunakan sebagai alat untuk menghasilkan ide-ide kreatif untuk menyelesaikan permasalahan desain menggantikan metode brainstorming. Sebuah studi kasus dikembangkan untuk memahami aplikasi kedua metode tersebut dalam perancangan produk. Hasil studi menunjukkan kedua metode tersebut dapat digunakan secara bersamaan dan saling melengkapi kekurangan masing-masing

 


Keywords


TRIZ, Value, Engineering, Inovasi

Article metrics

Abstract views : 351 | views : 11

Full Text:

PDF

References


X. Mao, X. Zhang dan S. M. AbouRizk, “Enhancing Value Engineering Process by Incorporating Inventive Problem-Solving Techniques,” Journal of Construction Engineering and Management, vol. 135, no. 5 (May 2009), pp. 416-424, 2009.

S. International, Value Standard And Body of Knowledge, 2007.

J. S. Borza, “TRIZ Applied to Value Management: How Structured Innovation Enhances Value Brainsotrming,” The Altshuller Institute for TRIZ Studies, Massachusetts, 2010.

L. D. Miles, Technique of Value Analysis and Engineering, Eleanor Miles Walker, 1989.

R. J. Park, Value Engineering: A Plan for Invention, CRC Press, 1998.

I. Ekmekci dan M. Koksal, “TRIZ Methodology And an Application Example for Product Development,” dalam World Conference on Technology, Innovation and Entrepreneurship, Istanbul, 2015.

V. V. Souchkov, TRIZ And Systematic Innovation, Enschede, The Netherlands: ICG Training & Consulting, 1997-2016.

U. Ibusuki dan P. C. Kaminski, “Product Development Process With Focus On Value Engineering And Target-Costing: A Case Study in An Automotive Company,” International Journal of Production Economics, vol. 105, pp. 459-474, 2007.




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v10i1.1290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License