PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PRODUK BNI TAPLUS PADA PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR WILAYAH BANJARMASIN

Novi Shintia(1*), Muhammad Teguh Nuryadin(2), Waldi Anwar(3)

(1) Politeknik Negeri Banjarmasin
(2) Politeknik Negeri Banjarmasin
(3) Politeknik Negeri Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan nasabah pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis data regresi linier berganda menggunakan software SPSS for windows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel brand image yang terdiri dari citra pembuat, citra produk tabungan BNI Taplus pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Banjarmasin dengan nilai Fhitung 1,601 dan nilai signifikan 0,194 (2) Variabel citra produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan nasabah dengan nilai (thitung < ttabel =(-1.020) < 1,660). Variabel citra pemakai berpengaruh secara parsial terhadap keputusan nasabah dengan nilai (thitung > ttabel = 1.932 > 1,660). Variabel citra produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai (thitung < ttabel = (-1.021) < 1,660). (3) Variabel yang berpengaruh paling dominan adalah variabel citra pemakai dengan nilai (thitung = 1.932).


Keywords


Brand image; Citra Pembuat; Citra Pemakai; Citra Produk

Article metrics

Abstract views : 771 | views : 22

Full Text:

PDF

References


Lestari, Intan Indah. 2014. Analisis Pengaruh Brand image Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Tabungan Tahapan Pada PT Bank Central Asia Cabang Probolinggo. Jember: Universitas Jember.

Kotler, Philip. 2000. Marketing, Edition Milenium. Northwestern University.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran.Jilid I . Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Purwaningtyas. Hesti Dwi 2009. Analisis Brand Association dalam Membentuk Brand image pada PT. Indosat Tbk. Jember. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Jember: Universitas Jember.

Putra, Muvika Perdana. 2015. Pengaruh Citra Perbankan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Kredit Dengan Pelayanan dan Prosedur Kredit Sebagai Variabel Moderating Pada PD BPR Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy. 2009. The Power of Brand. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Tim penyusun, 2017. Buku Pedoman Laporan Tugas Akhir, Banjarmasin: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Politeknik Negeri Banjarmasin.




DOI: https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7i1.947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Novi Shintia, Muhammad Teguh Nuryadin, Muhammad Teguh Nuryadin, Waldi Anwar, Waldi Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Copyright of Jurnal Inovasi Bisnis (p-ISSN : 2338-4840, e-ISSN : 2614-6983)

Creative Commons License
Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: inovbiz@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

View Inovbiz Statistics