TRANSFORMASI BUDAYA DAN INOVASI PERUSAHAAN BUMN

Andreas Togi Lamsihar(1*), Martani Huseini(2)

(1) Universitas Indonesia
(2) Universitas Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Transformasi di tubuh perusahaan Badan Usaha Milik Negara mulai menjadi perhatian. Pengembangan perusahaan terus digenjot agar memberikan kontribusi yang maksimum bagi pendapatan negara. Namun kendala yang terjadi adalah masih banyak perusahaan negara yang stagnan bahkan belum bertumbuh. Oleh karena itu Kementerian Badan Usaha Milik Negara membangun Rencana Strategis guna mendorong perusahaan negara tersebut agar memiliki daya saing. Disamping itu erubahan environment business dunia terus melaju mengalami percepatan. Internet of things, industri 4.0, big data, artificial intelegence merupakan sebuah tren baru perkembangan tekhnologi informasi yang menggerakan banyak industri. Dimana intinya adalah percepatan pelayanan dan penekanan efisiensi biaya. Percepatan pelayanan dan efisiensi biaya adalah kendala perusahaan-perusahaan milik pemerintah. Dimana praktek operasional yang birokratis menghambat kinerja perusahaan dalam melayani masyarakat yang semakin kompleks. Merubah cara berpikir dan berstrategi menjadi keharusan. Transformasi budaya organisasi dan memanfaatkan teknologi berbasis digital merupakan langkah cepat yang diputuskan Board of Director untuk segera dilakukan. Penelitian ini merupakan studi literatur berikut pengumpulan data sekunder dari perusahaan maupun lembaga terkait dan observasi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses transformasi budaya dan strategi merupakan sebuah upaya membagun kepercayaan masyarakat akan lembaga keuangan yang diminati banyak kalangan. Peran pemimpin sangat menentukan proses dari transformasi berjalan dengan baik sesuai visi dan tujuan rencana strategis perusahaan. Namun transformasi akan behasil tergantung kesiapan dari individu yang bergerak atas dasar semangat budaya organisasi.


Keywords


transformasi, budaya perusahaan, manajemen perubahan, inovasi, strategi

Article metrics

Abstract views : 4807 | views : 21

Full Text:

PDF

References


Alifahmi, Hifni. (2015). Corporate Reputation Framing: membedah strategi branding, public relations, & transformasi reputasi BUMN. Jakarta : PPM Manajemen

Budihardjo, Andreas. (2013). Corporate culture in action from theory to practice: membangun budaya profesional untuk memenangkan persaingan bisnis. Jakarta: Prasetia Mulya Publishing.

Evans, Nicholas D. (2003). Business Innovation and Disruptive Technology : Harnessing the power of breakthrough technology for competitive advantage, New Jersey : Fi-nancial Times Prentice Hall

Dwijowijoto, R D., Siahaan, R. (2005). BUMN Indo¬nesia: Isu, Kebijakan, dan Strategi. Ja¬karta: Elex Media Komputindo

Gouillart, Francis J. & James N, Kelly. (1995). Tranforming the Organization. New York: McGraw-Hill, Inc.

Huseini, Martani & Lubis, S.B. Hari. (2009). Pengantar Teori Organisasi: Suatu Pen-dekatan Makro. Depok: Fakultas Ilmu So-sial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Huseini, Martani & Hutabarat, Jemsly. (2012). Strategi: Pendekatan Komprehensif dan Terintegrasi “Strategic Excellence” dan “Operational Excellence” secara Simultan. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Kasali, Rhenald. (2005). Change. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, Rhenald. (2017). Disruption. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, Rhenald. (2014). Let’s Change. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotnour, Timothy G. (2010). Transforming Organ¬ization : Strategies and Method. Boca Ra¬ton: the CRC Press

Levy, Amir dan Merry, Uri. (1986). Organization Transformation: Approaches, Strategies, Theories. Praeger, New York

Moeljono, Djokosantoso and Sudjatmiko, Steve. (2007). Corporate Culture: Challenge to Excellence.Jakarta. Elex Media Kompu-tindo

Porter, Michael E.. (1980). Competitive Strategy. New York: Free Press.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. (2019). Organizational Behavior. England : Pear-son Education Limited

Senge, Peter M. (1996). Disiplin Kelima, Seni dan Praktek dari Organisasi Pembelajar. (Nunuk Adiarni, Trans). Binarupa Aksara. Jakarta.

Susanto, A.B., Sujanto, F.X., Wijanarko, Hima-wan., Susanto., Patricia., Mertosono., Suwahjuhadi., Ismangil., Wagiono., (2008). A strategic management approach : corporate culture & organization culture. Jakarta: The Jakarta Consulting Group

Yahya, Arief. (2013). Great spirit, grand strategy: corporate philosophy, leadership architec¬ture, and corporate culture for sustainable growth. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Flamholtz , Eric G. and Randle,Yvonne. (2012). Corporate culture, business models, com¬petitive advantage, strategic assets and the bottom line.Jurnal. UCLA, Los Angeles. Anderson School of Management.

Sambada, Yohanes Sardadi; Wahjana, Laurentius Boedi. (1994). Peranan perum pegadaian bagi masyarakat golongan ekonomi lemah (suatu tinjauan hukum : peraturan pemerintah nomor 10 tahun 1990 tentang pengalihan bentuk PERJAN pegadaian menjadi PERUM pega¬daian).Jakarta. Fakultas Hukum Unika Atma Jaya




DOI: https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7i1.935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Andreas Togi Lamsihar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Copyright of Jurnal Inovasi Bisnis (p-ISSN : 2338-4840, e-ISSN : 2614-6983)

Creative Commons License
Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: inovbiz@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

View Inovbiz Statistics