Pengaruh Fintech e-wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Millennial

Ali Mujahidin(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kualitas layanan, persepsi kemudahan, persepsi manfaat, kepercayaan dan promosi financial technology pada e-wallet OVO dan Gopay terhadap perilaku konsumtif pada generasi millennial. Penelitian dibatasi hanya pada dompet digital OVO dan GOpay saja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu 154 respondent yang terdiri dari lima kota besar yaitu Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, Semarang dan Bandung, dan sampel ini dibatasi hanya pada generasi millennial saja,  sedangkan teknik pengambilan sampel convience sampling. Teknik analisis data ini menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 16 for winsdows. Adapun hasil penelitian ini pada variabel kualitas pelayanan dan kepercayaan tidak terdapat pengaruh pada perilaku konsumtif atau hipotesa pertama dan hipotesa keempat ditolak, sedangkan pada variabel  persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan promosi berpengaruh pada perilaku konsumtif atau hipotesa kedua, hipotesa ketiga dan hipotesa kelima diterima.  


Keywords


kualitas layanan, persepsi kemudahan, persepsi manfaat, kepercayaan, promosi, perilaku konsumtif

Article metrics

Abstract views : 208 | views : 2

Full Text:

PDF

References


Di, M., Jabodetabek, W., Kasus, S., Layanan, P., 2020. Pengaruh E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi 0–11.

Enrico, A., Aron, R., Oktavia, W., 2013. The Factors that Influenced Consumptive Behavior: A Survey of University Students in Jakarta. SSRN Electron. J. 4, 1–6. https://doi.org/10.2139/ssrn.2357953

Hadi Ryandono, M.N., 2019. Fintech Waqaf: Solusi Permodalan Perusahaan Startup Wirausaha Muda. J. Stud. Pemuda 7, 111. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.39347

Harahap, B.A., Idham, P.B., Kusuma, A.C.M., Rakhman, R.N., 2017. Perkembangan Financial Technology Terkait Central Bank Digital Currency (CBDC) Terhadap Transmisi Kebijakan Moneter Dan Makroekonomi. Bank Indones. 2, 1–80.

Huei, C.T., Cheng, L.S., Seong, L.C., Khin, A.A., Leh Bin, R.L., 2018. Preliminary study on consumer attitude towards fintech products and services in malaysia. Int. J. Eng. Technol. 7, 166–169. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.29.13310

Kuntjojo, 2009. Metode Penelitian, Metodologi Penelitian.

Lee, I., Shin, Y.J., 2018. Fintech: Ecosystem, business models, investment decisions, and challenges. Bus. Horiz. 61, 35–46. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2017.09.003

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., Herlina, D., 2017. Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Ris. Tindakan Indones. 2, 1–6. https://doi.org/10.29210/3003210000

Nugroho, A.Y., Rachmaniyah, F., 2019. FENOMENA PERKEMBANGAN CROWDFUNDING DI INDONESIA Arief Yuswanto Nugroho1 & Fatichatur Rachmaniyah2. https://doi.org/10.30737/ekonika.v4i1.254

Pramudi, R.Y., 2015. Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Lokal. J. Ris. Ekon. dan Manaj. 15, 280. https://doi.org/10.17970/jrem.15.150206.id

Rahma, T.I.F., 2018. Persepsi Masyarakat Kota Medan terhadap Penggunaan Financial Technology (FINTECH). At-Tawasuth III, 642–661.

Rahmawati, R.N., I Made Narsa, 2019. Intention to Use e-Learning : Aplikasi Technology Acceptance Model ( TAM ). Own. Ris. dan J. Akunt. 3, 260–269. https://doi.org/10.33395/owner.v3i2.151

Sayekti, F., Putarta, P., 2016. Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah. J. Manaj. Teor. dan Terap. 9, 196–209.

Tamsil, H., 2015. Penerapan Model TAM untuk Menilai Tingkat Penerimaan Nelayan terhadap Penggunaan GPS. Pekommas 18, 161–170. https://doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180302

Triyanti, N.I., Effendi, U., 2017. Jurnal Manajemen Bisnis CONSUMER BEHAVIOR : CONFIDENCE FASHION PRODUCTS USERS INSTAGRAM. J. Manaj. Bisnis 6, 51–56.

Utami, M.-M., Hanum, A.-N., 2010. Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Word of Mouth Mahasiswa Unimus. Pros. Semin. Nas. Unimus 398–415.




DOI: https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i2.1513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ali Mujahidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Copyright of Jurnal Inovasi Bisnis (p-ISSN : 2338-4840, e-ISSN : 2614-6983)

Creative Commons License
Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: inovbiz@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

View Inovbiz Statistics