Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar)

Yogi Sugiarto Maulana(1*), Alisha Alisha(2)

(1) STISIP Bina Putera Banjar
(2) STISIP Bina Putera Banjar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap minat beli konsumen pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekataan kuantitatif dengan jenis metode explanatory. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 97 responden. Metode statistik yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil responden mengenai variabel inovasi produk berada pada kategori cukup, hal ini berarti inovasi produk telah dilakukan walau tidak terlalu sering. Tanggapan responden mengenai variabel minat beli konsumen berada pada kategori cukup, artinya rensponden mengakui bahwa adanya ketertarikan untuk membeli produk yang ditawarkan restoran Ichi Bento. Pengaruh inovasi produk terhadap minat beli konsumen pada restoran Ichi Bento Cabang Banjar sebesar 25,7%. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan inovasi produk terhadap minat beli konsumen pada restoran Ichi Bento Cabang Banjar. Kami merekomendasikan restoran Ichi Bento agar meningkatkan kualitas, mutu, rasa, dan penyajian produk dengan desain yang unik sehingga dapat menarik perhatian konsumen.


Keywords


Inovasi Produk; Minat Beli Konsumen; Bisnis Kuliner.

Article metrics

Abstract views : 41 | views : 2

Full Text:

PDF

References


Aditi, B., 2017. Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Ulang Melaluikepuasan Konsumen Umkm Di Kota Medan.

Bachriansyah, R.A., Ferdinand, A.T., 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ponsel Nokia (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang). Universitas Diponegoro.

Eravia, D., Handayani, T., Julina, 2015. The Opportunities and Threats of Small and Medium Enterprises in Pekanbaru: Comparison between SMEs in Food and Restaurant Industries. Procedia - Soc. Behav. Sci. 169, 88–97.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.289

Ferdinand, A., 2006. Metode penelitian manajemen: pedoman penelitian untuk skripsi. Semarang Univ. Diponegoro.

Husen, S., 2017. The Mediating Role of Product Positioning Quality and Product Attractiveness Advantage. Int. J. Bus. Manag. Sci. 7.

Husti, I., Mahyarni, M., 2019. Islamic Leadership, Innovation, Competitive Advantages, and Performance of SMEs in Indonesia. East Asia 36, 369–383. https://doi.org/10.1007/s12140-019-09325-7

Jayaram, J., Oke, A., Prajogo, D., 2014. The antecedents and consequences of product and process innovation strategy implementation in Australian manufacturing firms. Int. J. Prod. Res. 52, 4424–4439.

Kotler, P., Keller, K.L., 2007. A framework for marketing management.

Lee, B.C.Y., 2014. Critical decisions in new product launch: Pricing and advertising strategies on consumer adoption of green product innovation. Asian J. Technol. Innov. 22, 16–32. https://doi.org/10.1080/19761597.2014.907862

Lee, B.C.Y., 2012. The determinant of consumer adoption of product innovation: a multi-component measure and its antecedents. Asian J. Technol. Innov. 20, 295–307. https://doi.org/10.1080/19761597.2012.754209

Putra, M.C.S.D., Ekawati, N.W., 2017. Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manaj. 6, 1674–1700.

Schiffman, L.G., Kanuk, L.L., 2007. Purchasing behavior. Pearson Prentice Hall, Upper Saddle River, NJ.

Seng, L.C., Ping, N.S., 2016. The Influence of Product Innovation Toward Consumer Purchase Intention. Int. J. Econ. Commer. Manag. 4, 773–782.

Setiadi, N.J., 2003. Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sujarweni, V.W., 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Susanto, A., 2013. Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Batik Tulis Karangmlati Demak. Universitas Negeri Semarang.

Susanto, A.B., Kotler, P., 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba.




DOI: https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i1.1313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yogi Sugiarto Maulana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Copyright of Jurnal Inovasi Bisnis (p-ISSN : 2338-4840, e-ISSN : 2614-6983)

Creative Commons License
Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: inovbiz@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

View Inovbiz Statistics