PENGARUH DINNING ATMOSFER DAN LABEL REKOMENDASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Afifah Afifah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini berisi pemaparan tentang pengaruh suasana restoran dan label Rekomendasi yang diberikan pemerintah daerah terhadap kepuasan konsumen restoran. Pemaparan ini adalah hasil penggalian persepsi terhadap 100 orang responden yang dipilih secara acank dari sejumlah konsumen restoran yang sedang berkunjung. Penggalian persepsi responden menggunakan kuesioner yang telah teruji validitas maupun reliabilitasnya. Hasil penyebaran kuesioner dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan Software SPSS. Hasil analisis menunjukkan suasana restoran memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t sebesar 7,043, demikian juga dengan label Rekomendasi dengan nilai t sebesar 2,680. Dua aspek yang dipaparkan dalam artikel ini mempengaruhi 32.2 persen dari keseluruhan aspek yang memberi kepuasan konsumen ketika berkunjung ke restoran. Suasana restoran lebih berpengaruh terhadap kepuasan konsumen daripada label rekomendasi, hal ini diketahui dari tingkat singnifikansi suasana restoran yang bernilai 0.000 lebih kecil dari tingkat signifikansi kepemilikan label rekomendasi yang bernilai 0.008

Keywords


Dinning atmosfer, Label Rekomendasi, Kepuasan konsumen, Restoran

Article metrics

Abstract views : 19 | views : 1

Full Text:

PDF

References


Bitner, M.J., (1992). Servicescapes: the impact of physical surroundings on customers and employees. Journal of Marketing, Vol. 56 Issue 2 Page 57–71.

Heung, V. C. S. & Gu, T. (2012). Influences of Restaurant Atmospherics on Patron Satisfaction and Behavioral Intentions. International Journal of Hospitality Management Vol 31 Issue 4 Page 1167-1177

Ha, J. & Jang, S. S. (2010). Effects of Service Quality and Food Quality: The Moderating Role of Atmospherics in an Ethnic Restau-rant Segment. International Journal of Hospitality Management, Vol 29 Issue 3 Page 520-529.

Hwang, J.& Ok, C. (2013). The Antecedents and Consequences of Customer Attitudes Toward Restaurant Brands: A Comparative Study Between Casual and Fine Dining Restaurants. International Journal of Hospitality Management Vol. 32 Page 121-131.

Liu, Y., Jang, S. (2009). The effects of dining atmospherics: an extended Mehrabian–Russell model. International Journal of Hospitality Management Vol. 28 Issue 4 Page 494–503

Namkung Y, Jang S. (2008). Are highly satisfied restaurant customers really different? A quality perception perspective. Int. Contemp. Hosp. Manag., 20(2): 142-155

Kotler, Philip & Keller, (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1, 13th ed. Jakarta: E, 2009.

Petzer, Daniel. Nedia Mackay. (2014). Dining atmospherics and food and service quality as predictors of customer satisfaction at sit-down restaurants. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure Vol. 3 (2) - (2014)

Ryu, K. & Han, H. (2010). Influence of the quality of food, service, and physical environment on customer satisfaction in quick-casual restaurants: moderating role of perceived price’, Journal of Hospitality and Tourism Research, 34(3): 310–329

Sandi, A. S. P., Marsudi, D. Rahmawanto. (2011). Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Minuman Berenergi. Jurnal Manajemen. Bisnis, Vol. 1, No. 2, pp. 135–143.

Sunarto. (2003). Perilaku Konsumen,. Yogyakarta: AMUS,

F. Augusty, Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

S. P. Robbins, Perilaku Organisasi . Jakarta: Index, 2001.

Sudaryono (2016): Manajemen pemasaran CV. Andi offset: Yogyakarta

Yuksel A, Yüksel F (2003). Measurement of tourist satisfaction with restaurant services: A segment-based approach. J. Vac. Mark., 9(1): 52-68.




DOI: https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i2.1243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Afifah Afifah, Afifah Afifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Copyright of Jurnal Inovasi Bisnis (p-ISSN : 2338-4840, e-ISSN : 2614-6983)

Creative Commons License
Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: inovbiz@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

View Inovbiz Statistics