Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan

Hutomo Atman Maulana(1*), Yunelly Asra(2)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari promo gratis ongkir yang diberikan e-commerce terhadap keputusan pembelian  oleh generasi Z di daerah pedesaan. Jenis penelitian ini adalah  explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 29 orang generasi Z yang tinggal di daerah pedesaan dan pernah melakukan transaksi e-commerce. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi gratis ongkos kirim memberikan pengaruh positif  dan memberikan kontribusi sebesar 19,3% terhadap keputusan pembelian oleh generasi Z di daerah pedesaan.

Keywords


Promosi; Gratis Ongkos kirim; Generasi Z; Keputusan Pembelian

Article metrics

Abstract views : 13104 | views : 20

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2011). Pemasaran dan Pemasaran Jasa., Alfabeta, Bandung.

APJII. (2019). Hasil Survei. [online]. https://www.apjii.or.id/survei2018. (diakses 1 Desember 2019).

Dhaeswara, V. A. (2019). Pengaruh Tagline “Gratis Ongkir” Shopee Terhadap Keputusan Berbelanja Online Pada Masyarakat (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung).

Francis, T., & Hoefel, F. (2018). ‘True Gen’: Generation Z and its implications for companies McKinsey & Company, New York.

Kotler, P., & Kevin, L. K. (2009). “Marketing Management”. 13rd edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Kotler, P., & Gary, A. (2014). Principle of Marketing, 15th edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Ramadhan, R. S. (2018). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa di Yogyakarta.

Suyanto, M. (2003). Strategi Periklanan pada e-Commerce Perusahaan Top Dunia, Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, CV. Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7i2.1220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hutomo Atman Maulana, Yunelly Asra, Yunelly Asra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Copyright of Jurnal Inovasi Bisnis (p-ISSN : 2338-4840, e-ISSN : 2614-6983)

Creative Commons License
Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: inovbiz@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

View Inovbiz Statistics