Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin

Muhammad Teguh Nuryadin(1*), Riswan Yunida(2), Padli Padli(3)

(1) Politeknik Negeri Banjarmasin
(2) Politeknik Negeri Banjarmasin
(3) Politeknik Negeri Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara simultan dan pengaruh secara parsial antara Ekuitas Merek terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin.

Jenis penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif dengan teknik analisa data menggunakan regresi linier berganda menggunakan bantuan Softwere SPSS dengan mengumpulkan data primer menggunakan kuesioner yang di bagi kepada responden yaitu mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin. Jumlah sampel dalam penelitian ini adala 100 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik Purphosive Judgement Sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan dari Ekuitas Merek yang terdiri dari Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, Kesan Kuaitas, dan Asosiasi Merek terhadap Keputusan Mahasiswa dalam memilih Kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin, kesadaran merek dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan Mahasiswa dalam memilih kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin, kesan kualitas dan Asosiasi Merek tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan mahasiswa dalam memilih kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin.

 

Kata Kunci : Ekuitas Merek, Keputusan Mahasiswa


Keywords


ekonomi, bisnis

Article metrics

Abstract views : 487 | views : 0

Full Text:

PDF

References


Chan, A. (2010). Pengaruh ekuitas merek terhadap proses keputusan pembelian konsumen: Studi kasus bank Muamalat Indonesia cabang Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1).

Durianto, D. et al. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, D., Sugiarto, & Budiman, L. J. (2004). Brand Equity Ten. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Irwanti, I. (2013). Analisis Pengaruh Brand Equity terhadap keputusan pembelian pada Konsumen Pond’s di Kota Surabaya. Skripsi, Universitas Surabaya, Surabaya

Kotler & Amstrong. (2006). The Principle of Marketing Management. USA: Prentice Hall.

Kotler, et al. (2011). Management Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Lubis, M. S. (2013). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Membeli Sepeda Motor Yamaha Dengan Faktor Keluarga Sebagai Variabel Moderator. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 1(3), 145-156.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2002). Perilaku Konsumen (2nd ed.). Bandung: PT.Refika Aditama.

Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. (2004). Customer Behaviour. (8th ed.). Pearson Educational International.

Schiffman, L.G. & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta. Indeks Puri Media Kembangan.

Simamora, B. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama.

Singgih, S. (2012). Statistik Parametrik. Jakarta: Elek Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7i2.1079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Teguh Nuryadin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Copyright of Jurnal Inovasi Bisnis (p-ISSN : 2338-4840, e-ISSN : 2614-6983)

Creative Commons License
Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: inovbiz@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

View Inovbiz Statistics